Ekstrem, Pantai Timang Jadi Lokasi Syuting Running Man

shutterstock_633202697-min

 

Running Man, salah satu variety show terkenal di Korea Selatan kembali memilih Indonesia sebagai lokasi syuting. Tahun 2014 para pemain dan kru program tersebut menyambangi Taman Safari yang berada di Bogor, Jawa Barat.

Nah, tahun 2017 ini mereka akan mengunjungi salah satu kota di Indonesia tepatnya di Pantai Timang, Yogyakarta. Agenda mereka kali adalah untuk menyelesaikan misi hukuman yang harus diselesaikan oleh Lee Kwang Soo dan  Jeon Soo Min.

Kira-kira kenapa tempat wisata unggulan di Yogyakarta ini dipilih ya? Supaya kamu nggak penasaran, simak ulasan fakta tentang Pantai Timang, Yogyakarta berikut ini ya.

1. Punya Pemandangan Indah

Fakta tentang Pantai Timang yang pertama kamu harus tahu adalah panorama alam sekitarnya yang indah. Destinasi satu ini berlokasi di Jalan Pantai Selatan Jawa, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Kamu akan jumpai hamparan pasir putih dan tumbuhan pandan di sepanjang pesisir pantai. Lautan biru beserta eburan ombak yang deras yang pecah di antara karang juga menambah keindahan lukisan alam tersebut. Bukit karang raksasa yang ditumbuhi oleh pepohonan asri juga semakin memberikan kesan alami yang menenangkan.

2. Tempat Wisata Antimainstream

Sudah jadi rahasia umum kalai Pantai Timang adalah salah satu destinasi wisata antimainstream yang bisa kamu temukan selama berada di Yogyakarta. Kalau berlibur ke Kota Pelajar, traveler lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk berwisata budaya, wisata belanja, atau wisata kuliner. Nah, kalau di Pantai Timang ini kamu bisa berwisata alam sekaligus merasakan keseruan wisata ekstrem yang menantang adrenalin.

Baca : 10 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta untuk Kamu yang Hobi Main Air

3. Wahana Ekstrem yang Dibuat Secara Tradisional

Ada satu wahana ekstrem yang kini jadi ikon dan alasan mengapa Pantai Timang ramai didatangi oleh traveler. Wahana berupa gontole tradisional atau kereta gantung yang terbuat dari kayu dan bambu ini akan membawamu menyebrang menuju Pulau Timang, pulau berupa bongkahan batu karang raksasa dengan tebing yang curam.

Sensasi menegangkan akan kamu rasakan ketika menaiki kereta ini. Sebab, kamu akan meluncur melewati ombak besar. Selain itu, wahana tersebut pun hanya dioperasikan oleh tenaga manusia. Harus siapkan mental yang besar sebelum menaikinya deh.

Pilihan lain kalau kamu tak ingin naik gontole, bisa berjalan kaki menggunakan jembatan tradisional yang terbuat dari bambu dan tali plastik. Kalau yang satu ini rasanya cukup membuat kaki lemas dan gemetar deh.

Baca : Hobi Menantang Adrenalin? Buruan deh Mampir ke Destinasi Baru di Yogyakarta berikut Ini!

4. Tempat Menangkap Lobster Favorit Warga Lokal

Fakta tentang Pantai Timang selanjutnya adalah keeksisan tempat ini sebelum jadi destinasi wisata ekstrem. Dulu, warga lokal memang memanfaatkan gontole tradisional ini untuk menyebrang ke Pulau Timang dan menangkap lobster. Lobster dengan kualitas terbaik memang bisa kamu dapatkan di sana. Nilai jual yang tinggi membuat mereka rela melewati jalur ekstrem tersebut hanya untuk mendapatkan hasil tangkapan yang banyak. Nggak nyangka ya malah jadi atraksi wisata seperti ini.

 

Pantai Timang, mungkin adalah pantai yang paling menantang di Gunungkidul, DI Yogyakarta. Perjalanan menuju pantai tersebut tidaklah mudah dan di sana ada kereta gantung semacam gondola yang bisa Anda naik menyebrangi lautan. Berani?

Senin, hari yang mungkin terasa berat untuk dijalani, tetapi tidak untuk kami, ketika memutuskan untuk mencari keberadaan Pantai Timang di daerah Tepus, Gunung Kidul.

Pagi itu saya berangkat ke kampus di daerah Yogyakarta, tetapi karena semua mata kuliah hari itu kosong maka saya putuskan untuk pergi ke Pantai Timang seorang diri. Ketika hendak berangkat tiba-tiba Aan mengajak saya pergi ke pantai Pok Tunggal. Kebetulan sekali, karena saya juga akan ke pantai maka kami memutuskan untuk berangkat bersama. Aan mengajak seorang teman.

Perjalanan dimulai, kami berangkat bertiga dengan 2 motor. Kami sengaja menerabas bukit untuk mencapai Wonosari via Gedangsari. Keindahan perbukitan mewarnai perjalanan kami begitu juga dengan keramahan penduduk sekitarnya.

Selama melewati Gedangsari, laju motor kami pelan karena ingin menikmati suasana dan pemandangan yang mewarnai perjalanan kami. Agak gersang memang, tapi segersang apa pun, bagi saya tetap indah.

Meski saya sering melewati jalur tersebut, saya tidak pernah bosan melihat pemandangannya. Tak terasa, kami sudah memasuki Jalan Wonosari. Laju motor kami tingkatkan dan maksimalkan agar dapat menikmati pantai lebih lama.

Sepanjang perjalanan dari jalan Wonosari sampai Tepus, kami tak banyak cerita. Sesampainya di Tepus, kami mulai buta karena belum tahu letak Pantai Timang.

Akhirnya kami memutuskan bertanya kepada seorang pedagang di pinggir jalan, dan kami masih bingung juga. Total bertanya kepada warga yang kami jumpai adalah sebanyak 4 kali. Barulah setelah itu kami menemukan Pantai Timang.

Jalan yang kami lalui dari jalur pantai menuju Pantai Timang sangat terjal dan berbatu, cocok jika menggunakan motor segala medan. Bagi yang tidak sabar dan tahan dengan kondisi jalan, mungkin akan sedikit emosi.

Setelah mendapat goncangan di sepanjang jalan yang tak layak tadi akhirnya kami sampai di tempat yang kami tuju. Saya merasa puas dan senang. Kami beristirahat sejenak dan menikmati udara segar di bawah pohon sebelum menikmati pemandangan ombak dan laut lepas.

Kami merasa beruntung karena bertemu dengan nelayan yang hendak memancing lobster di pulau seberang dengan menggunakan gondola tradisional. Bagi kalian yang ingin merasakan sensasi ekstrimnya, disediakan paket untuk 10 orang dengan biaya Rp 1,5 juta.

Sumber : http://blog.reservasi.com/fakta-tentang-pantai-timang-tempat-wisata-ekstrem-yang-jadi-lokasi-syuting-running-man/

https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-2408102/pantai-timang-yang-paling-menantang-di-gunungkidul

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s